Home

Kamis, 21 Juni 2012

Tak Ada Yang Sempurna...




No body perfect begitu kata orang....
Aku menyadari bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Ada saja yang salah, cacat, kurang memuaskan dan masih banyak lagi yang tidak menunjukkan sebuah kesempurnaan. 
Tidak ada yang mampu membuat dirinya sempurna, karena sempurna hanya milik Tuhan. Seberapa keraspun usaha yang dilakukan, tetap saja tidak akan mampu memindahkan kesempurnaan milik Tuhan ke dalam dirinya.
Adakalanya, ketidaksempurnaan itu muncul akibat sebuah kesalahan. Yang ingin ku tanyakan, apakah kesalahan itu sebuah kenistaan? apakah kesalahan itu sebuah aib yang patut dijauhi bahkan jika seseorang melakukan kesalahan orang tersebut menanggung derita untuk dimusuhi?
Padahal bisa saja sebuah kesalahan ia lakukan tanpa sebuah kesengajaan atau tanpa ia sadari. 
Kembali lagi ke kalimat tidak ada yang sempurna. Jadi bagiku, kesalahan adalah sesuatu yang wajar.
Kesalahan pada dasarnya tercipta untuk dimaafkan dan selanjutnya diperbaiki dan diusahakan agar tidak terulang.
Begitu pula orang yang berbuat salah bukan justru dijauhi dan dimusuhi, namun hendaknya dirangkul untuk mengingatkan kesalahan yang ia lakukan dan memaafkannya.
Memusuhi bukan jalan yang terbaik. Mungkin memang baik bagi mereka yang saat itu memiliki banyak teman yang berpihak padanya. Namun, karma phala selalu berjalan. Bisa saja kan suatu hari nanti orang itu yang akan berada pada posisi yang dimusuhi akibat kesalahan yang ia lakukan?
Bayangkan saja, kita dengan tubuh berlumur dosa bisa dimaafkan dan tidak dijauhi dan dimusuhi Tuhan tapi mengapa manusia tidak bisa?
Bayangkan lagi, jika Tuhan berbuat seperti manusia tersebut. Apa yang akan terjadi pada kehidupan ini jika Tuhan tidak memaafkan segala kesalahan manusia?

Jadi, dari sepenggal uraian di atas kita harus menyadari bahwa didunia ini tidak ada ssuatu yang sempurna. Belajarlah memaafkan kesalahan orang lain dan jangan sampai memusuhi orang lain bahkan teman sendiri yang memiliki salah. Bayangkan saja jika kita yang berada diposisi mereka. Itu pasti tidak mengenakkan. Bermusuhan hanya akan mendatangkan kehancuran terutama bagi kalian yang awalnya bersahabat. Tidak akan ada lagi rasa memiliki, tidak akan lagi senyum dan sapa, semua hilang hanya sebuah keegoisan seseorang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar